You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Terara
Desa Terara

Kec. Terara, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat dan semangat hari sumpah pemuda 28 Oktober 1928 - 28 Oktober 2022. #TerBang Terara Bangkit Menjadi lebih BAIK

Penilaian Lomba Kampung Sehat di Desa Terara Kabupaten Lombok Timur

Kasi Pemerintahan 01 Juli 2020 Dibaca 656 Kali
Penilaian Lomba Kampung Sehat di Desa Terara Kabupaten Lombok Timur

Keliwatanja (1/7/2020). Desa Terara adalah salah satu Desa di Kabupaten Lombok Timur yang  mengikuti Lomba Kampung Sehat  yang diwakili oleh Dusun Keliwatanja. Sebagai salah satu upaya pemerintah Desa dalam mengatasi dan menangani pandemi COVID-19 dimana sebelumnya Desa Terara termasuk menjadi wilayah zona merah COVID-19 pada bulan-bulan April-Mei 2020. Hal ini menjadi perhatian serius pemerintah desa tentang bagaimana mencegah penyebarannya meluas dan mengatasi dampak-dampak ekonomi dan sosial yang terjadi. Program Kampung Sehat ini menjadi salah satu langkah dan upaya menghadapi pandemi covid-19 dan New Normal / Tatanan Baru.

Tim penilai yang berasal dari unsur Kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kecamatan Terara hadir langsung di Kampung Sehat Dusun Keliwatanja tepatnya di RT 04 Gubuk Baru dan 05 Montong Kandik. Terlihat dalam gambar tim yang didampingi juga oleh Pemerintah Desa Terara bersama BPD Terara dan Panitia Kampung Sehat.

Ketua Kampung Sehat Abdul Rahim, S.Pd. menyampaikan bahwa di wilayah yang menjadi cakupan Kampung Sehat yang dibawahinya telah tersedia fasilitas-fasilitas penunjang berupa fasilitas kesehatan, rumah karantina, lokasi cek kesehatan yang langsung diawasi oleh tenaga medis. Ada juga untuk bidang industri, dimana proses penjualan dan lainnya menyesuaikan dengan keadaan new normal dengan menerapkan social distancing dan penjualan secara daring. Salah satu UMKM yaitu kelompok Ternak Bale kelinci contohnya, memanfaatkan fasilitas media sosial dan daring untuk penjualannya, bisa di akses di balekelinci.com dan balekelinci.jejualan.com 

Selain Kesehatan da ekonomi kemasyarakatan, Kampung sehat yang dibentuk juga bersinergi dengan pemerintah desa terara, relawan covid desa terara dalam membuat portal masuk ke wilayah Dusun Keliwatanja dan menyediakan fasilitas sanitasi, cuci tangan, hand sanitizer dan pencatatan keluar masuknya warga dari luar daerah.

Proses penilaian yang dilakukan berlangsung cukup lama, salah satu hal yang menjadi perhatian utama tim penilai adalah bagaimana masyarakat menerapkan protokol kesehatan termasuk penggunaan masker, pengaturan jarak social distancing, menghindari kerumunan.

bersambung...

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image