You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Terara
Desa Terara

Kec. Terara, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat dan semangat hari sumpah pemuda 28 Oktober 1928 - 28 Oktober 2022. #TerBang Terara Bangkit Menjadi lebih BAIK

Akademi Paradigta Indonesia gelar kelas Perempuan di Desa Terara

Kasi Pemerintahan 15 Juni 2022 Dibaca 2.530 Kali
Akademi Paradigta Indonesia gelar kelas Perempuan di Desa Terara

desaterara.web.id | Tawa ceria Ibu-ibu yang merupakan perempuan-perempuan hebat di Desa Terara terdengar penuh semangat memenuhi Aula Kantor Desa Terara pada siang hari, Rabu 15 Juni 2022. Sekilas itulah yang terlihat dan terdengar saat pembukaan kelas Akademi Paradigta Indonesia di Kantor Desa Terara.

Sekilas tentang Akademi Paradigta. Pada awal tahun 2015 PEKKA (Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga) mengembangkan sebuah inisiatif baru yang diberi nama Akademi Paradigta, sebuah pendidikan dan pelatihan terstruktur bagi kader Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) dan kader perempuan akar rumput lainnya.

Akademi Paradigta diharapkan dapat berkontribusi memperkuat dan mendukung perempuan miskin, disabilitas dan kelompok marjinal pedesaan lainnya agar mampu melaksanakan fungsi pemimpin yang menjawab tantangan kehidupan mereka, bebas dari kemiskinan, penindasan dan ketidakadilan.

Akademi Paradigta dirancang sebagai suatu proses pendidikan untuk mendukung kader Pekka dan pemimpin perempuan lainnya di pedesaan dan pinggiran kota, yang lahir dari proses pemberdayaan PEKKA dan inisiatif lainnya untuk masuk dalam sistem yang lebih luas di tingkat desa hingga tingkat yang lebih tinggi. Saat ini, sebagian dari mereka ada yang telah berperan dalam sistem yang lebih luas, seperti menjadi kepala desa atau Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Proses pendidikan yang terstruktur yang dikembangkan melalui Akademi Paradigta ini diharapkan dapat menjadi akselerasi penyiapan kader-kader pemimpin perempuan komunitas akar rumput yang memiliki visi trasformatif dalam kiprah mereka yang lebih luas di masyarakatnya.

Menyambut program yang luarbiasa ini, Ida Laela selaku Kepala Desa Terara yang merupakan salah satu dari dua orang Kepala Desa Perempuan se-Kabupaten Lombok timur (saat ini) menyampaikan harapan dan semangat setinggi-tingginya agar program pendidikan bagi perempuan ini mampu membentuk kader-kader perempuan hebat di Desa Terara, yang pada akhirnya selain keterlibatan dalam pemberdayaan masyarakat, juga dalam lingkup kecil keluarga mampu berdaya dalam pengetahuan dan berdaya dalam ekonomi.

"Saya sangat senang dan tentu sangat mensupport kegiatan-kegiatan yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Terara secara umum, apalagi kegiatan Akademi paradigta ini yang tujuannya sangat mulia yaitu Mengembangkan potensi kepemimpinan perempuan agar dapat terlibat aktif dalam proses pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di Desa" terang Ibu Kepala Desa Terara.

Kelas pertama yang digelar di Desa Terara ini diikuti oleh 30 orang yang berasal dari berbagai Dusun se-Desa Terara. Selanjutnya pertemuan disepakati akan dilaksanakan dua kali seminggu setiap sore hari Selasa dan Sabtu tiap minggunya. Pertemuan selanjutnya dijadwalkan hari Selasa tanggal 21 Juni 2022 di tempat yang sama.

Berikut ini dokumentasi kegiatannya :

"Assalamualaikum,kenapa ya ko di kp saya belum ada. Mau banget ikutan.. Kapan ya kira-kira di adain di desa saya.
Anis 24 November 2023
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image